Saturday 16 January 2010

BUDIDAYA UDANG LIPAN

Dalam tulisan ini saya akan memaparkan cara pemeliharaan udang lipan atau udang getak, atau udang ronggeng pemeliharaan dalam artian memelihara bukan dari larva melainkan hasil tangkapan alam yang ditampung dalam bak yang terbuat dari semen beton, serta cara pemeliharaan dalam kolam atau tambak, sejauh yang saya amati hampir semua jenis ikan yang dibudidayakan bisa dipelihara dalam tambak, tetapi kurang memuaskan apabila kita pelihara dibak wah berarti tambak muliqultural kali ya,, tapi sampai saat ini hasil pemeliharaan ditambak apabila dibandingkan dengan hasil pemeliharaan dibak sangat jauh sekali bedanya baik dari segi mortalitas, kualitas, dan kuantitas, buat kawan-kawan para pembudidaya yang berada didaerah dimana banyak terdapat udang lipan bisa dicoba untuk menampung hasil tangkapan nelayan sekitar untuk dibesarkan kembali ditambak kan sayang kalau ada udang yang tidak masuk size permintaan dari pada dibuang atau digoreng lebih baik kita besarkan lagi


Saya mengambil sampel sebanyak 135ekor udang ronggeng atau udang lipan untuk dipelihara kembali dalam jaring yang berukuran 2x3m2 dan hasilnya lumayan bagus dengan tingkat kematian yang sangat sedikit dan perkiraan saya dari jumlah diatas hanya berkurang sebanyak 2ek saja itupun setelah dicek ternyata ada jaring yang sobek mungkin disobek kepiting yang memang biasa memakan sisa-sisa umpan, udang jenis ini bersifat kanibalisme dan apabila kekurangan pakan atau jumlah tebarnya terlalu padat maka dia akan menyerang kawannya sendiri jadi saya anjurkan untuk membatasi jumlah tebar per petakan jaring disesuaikan dengan ukuran jaring saya menggunakan ukuran jaring 2x3m2 kapasitas tebar hanya 135 ekor saja, pemberian pakan dilakukan sebanyak 2x sehari pakan berupa ikan rucah yang dipotong kasar artinya kalau umpan ikan kecil-kecil seperti ikan lemuru atau tamban cukup 1 ekor dipotong menjadi dua bagian, karena selama proses makan dan umpan yang kita berikan tadi akan didekapnya dengan kedua jepit yang berada pada kepala udang tersebut dan akan memakan secara sedikit demi sedikit,
Saya pernah keliling dijakarta untuk mencari udang jenis ini baik di TPI diwilayah muara angke maupun disupermaket terkenal sekalipun seperti Carefour ko gak ada ya,,, menurut salah satu kawan saya udang ronggeng atau udang lipan banyak terdapat didaerah Jambi dan ukurannya jauh lebih besar ketimbang udang yang ada diwilayah tempat saya sekarang, wilayah Kalimantan Barat Khususnya Padang Tikar memang daerah penghasil udang baik udang tangkap maupun budidaya adapun daerah penghasil udang lainnya adalah Sui Kakap, Sepok Laut, Mempawah, Lemukutan, dan Padang Tikar Kab Kubu Raya, pada bulan 4 s/d  bulan sembilan adalah masa puncaknya musim udang hasil tangkapan, dan yang paling banyak adalah jenis udang kecil-kecil orang Padang Tikar menamainya Udang Sungkur bahan terasi dan cengcalok, selain itu masih banyak lagi spesies udang lainnya, dan salah satunya adalah udang Lipan

Bookmark and Share

4 comments:

Unknown said...

Boleh minta Contact personnya pak?
Saya ingin belajar budidaya udang lipan ini karena sumberdaya benih di pesisir lamongan lumyan banyak.
Terimakaih

perikanan laut said...

081256553342 ini nomor contact saya pak

Unknown said...

Daerah untuk pulau Jawa dimana pak

Unknown said...

Alamat tempat pembudidayaan udang lipannya dimana pak